Muslimedianews ~ Terkadang orang sangat bersemangat belajar ilmu agama, tapi ternyata apa yang mereka pelajari adalah pemahaman asing yang notabene itu berasal dari dirinya sendiri. Syaikh Ali Jum'ah, ulama mantan Grand Mufti Mesir yang saat ini juga termasuk anggota Dewan Senior Ulama Al Azhar pernah menyampaikan sebuah metode untuk mendapatkan ilmu yang benar, tidak lain adalah belajar kepada seorang guru (tidak otodidak).
Belajar Dengan Guru
 
Syaikh Ali Jum'ah berkata : "Ilmu yang benar harus memiliki sanad riwayah, sanad dirayah dan sanad tazkiah. Sebab ilmu bukan hanya sekedar maklumat saja tetapi ketika seseorang belajar dengan guru di sana dia akan diajari adab talaqqi, adab menyampaikan ilmu, adab jika terjadi perbedaan, adab kepada ulama dan adab percaya diri.
 
Orang-orang yang tidak belajar dengan guru akan mudah terjebak dengan kesalahan terutama jika terjadi perbedaan pendapat. Lebih dari itu orang-orang tersebut bisa mengatakan “Jika Kamu tidak sependapat dengan saya berarti kamu lawan saya”. Dan hal inilah yang memperlebar jurang pembatas antara umat Islam.
 
Mari lihat sahabat nabi dan salafus saleh. Mereka berbeda pendapat tetapi tetap saling mendengarkan dan saling menghormati."
 
Belajar Dengan Guru
Syaikh Ali Jum'ah berkata : "Ilmu yang benar harus memiliki sanad riwayah, sanad dirayah dan sanad tazkiah. Sebab ilmu bukan hanya sekedar maklumat saja tetapi ketika seseorang belajar dengan guru di sana dia akan diajari adab talaqqi, adab menyampaikan ilmu, adab jika terjadi perbedaan, adab kepada ulama dan adab percaya diri.
Orang-orang yang tidak belajar dengan guru akan mudah terjebak dengan kesalahan terutama jika terjadi perbedaan pendapat. Lebih dari itu orang-orang tersebut bisa mengatakan “Jika Kamu tidak sependapat dengan saya berarti kamu lawan saya”. Dan hal inilah yang memperlebar jurang pembatas antara umat Islam.
Mari lihat sahabat nabi dan salafus saleh. Mereka berbeda pendapat tetapi tetap saling mendengarkan dan saling menghormati."
Sumber : Suara Al Azhar

No comments
Post a Comment