BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, January 13, 2014

Muslim Indonesia dan Amaliyah dimata KH Hasyim Asy'ari

Muslimedianews.com ~ KH Hasyim Asyari, salah satu pendiri NU, telah mendiskripsikan keberadaan Muslim Indonesia dan amaliyahnya serta kemunculan aliran-aliran baru dalam kitab beliau Risalah Ahlisunnah:

5- الْمُسْلِمُوْنَ فِي جَاوَى مُتَّفِقُوْا الآرَاءِ كَانُوْا عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الشَّافِعِي فِي الشَّرِيْعَةِ، وَفِي أُصُوْلِ الدِّيْنِ عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ اْلأَشْعَرِي وَفِي التَّصَوُّفِ عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الْغَزَالِي أَوِ اْلإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِي، وَتَمَسَّكُوْا بِالْكُتُبِ الْمُعْتَبَرَةِ الْمُتَدَاوِلَةِ وَمَحَبَّةِ أَهْلِ الْبَيْتِ وَالْأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ، وَالتَّبَرُّكِ بِهِمْ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا، وَزِيَارَةِ الْقَبْرِ وَتَلْقِيْنِ الْمَيِّتِ وَالصَّدَقَةِ عَنْهُ وَاعْتِقَادِ الشَّفَاعَةِ وَنَفْعِ الدُّعَاءِ وَالتَّوَسُّلِ وَغَيْرِ ذَلِكَ، فَيَسْتَمِرُّ عَلَيْهَا نَهْضَةُ الْعُلَمَاءِ. ثُمَّ حَدَثَ فِي سَنَةِ 1330 أَحْزَابٌ مُتَنَوِّعَةٌ مِثْلَ مَذْهَبِ مُحَمَّدْ عَبْدُهُ وَرَشِيْدْ رِضَا، وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ وَأَحْمَدَ بْنِ تَيْمِيَّةَ وَابْنِ الْقَيِّمِ وَابْنِ عَبْدِ الْهَادِي (وَهَّابِيُّوْنَ)، فَحَرَّمُوْا مَا أَجْمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى نَدْبِهِ مِثْلَ زِيَارَةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَغَيْرِهَا. وَالرَّافِضُوْنَ يَسُبُّوْنَ سَيِّدَنَا أَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَيَكْرَهُوْنَ الصَّحَابَةَ. قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اللهْ، اللهْ، فِي أَصْحَابِي لَا تَتَّخِذُوْهُمْ غَرَضًا بَعْدِي، فَمَنْ أَحَبَّهُمْ فَبِحُبِّي أُحِبُّهُمْ وَمَنْ أَبْغَضَهُمْ فَبِبُغْضِي أُبْغِضُهُمْ... وَاْلإِبَاحِيُّوْنَ أَنَّهُ إِذَا بَلَغَ الْعَبْدُ غَايَةَ الْمَحَبَّةِ ِللهِ سَقَطَ عَنْهُ التَّكْلِيْفُ. وَمِنْهُمْ مَنْ قَالَ بِتَنَاسُوْخِ اْلأَرْوَاحِ، وَمَنْ قَالَ بِالْحُلُوْلِ.
Umat Islam di Jawa memiliki persamaan pendapat. Mereka bermadzhab Syafii di bidang fikih, bermadzhab al-Asy’ari di bidang akidah dan Imam al-Ghazali dan Abu Hasan asy-Syadzili dalam Tasawuf. Meeka berpegang pada kitab-kitab yang muktabar dan populer, serta mencintai keluarga Rasulullah, para wali dan orang saleh, mencari berkah kepada mereka baik hidup atau sudah wafat, ziarah kubur, talqin mayit, sedekah atas nama mayit, meyakini syafaat, manfaatya doa, tawassul dan lainnya. Hal itu kemudian diteruskan dalam Nahdlatul Ulama. Kemudian di tahu 1330 H muncul kelompok-kelompok yang bermacam-macam seperti madzhab Muhammad Abduh, Rasyid Ridla, Muhammab bin Abdul Wahhab, Ahmad Ibnu Taimiyah, Ibnu al-Qayyim dan Ibnu Abdil Hadi (Wahabi), mereka kemudian mengharamkan apa yang disepakati oleh umat Islam sebagai kesunahan, seperti ziarah makam Rasulullah Saw dan lainnya. Juga Rafidlah yang mencacimaki Abu Bakar dan Umar dan membenci sahabat. Rasulullah Saw bersabda: Allah, Allah. Janganlah kau ambil kepentingan dengan sahabatku setelah aku wafat. Barang siapa mencintai mereka, maka dengan cintaku aku mencintainya. Barangsiapa yang murka kepada mereka, maka dengan murkaku aku murka kepadanya… juga Ibahiyun yaitu jika seorang hamba mencapai puncak cinta kepada Allah maka gugurlah hukum Islam baginya. Diantara mereka juga ada yang mengatakan menyatunya ruh, ada juga yang berkata: Menyatu dengan Tuhan.



Oleh : Ust. Muhammad Ma;ruf Khozin
(Narasumber Hujjah Aswaja TV9 Surabaya)
« PREV
NEXT »

No comments