BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, May 19, 2014

Kebebasan Berpendapat Negara Barat Seperti di Masa Khulafaur Rasyidin

Muslimedianews.com ~ Saya iri kepada masyarakat Eropa Barat, Amerika Utara, Australia dan negara-negara lainnya yang bisa merasakan kebebasan berpendapat, mendapat perlindungan hak kritik terhadap pemerintah, memiliki kemampuan untuk membuka aib pemerintah, dan memberikan mereka hukuman yang keras.
 
Pemerintah di sana selalu diawasi oleh ribuan mata, kebijakan mereka selalu dengan mudah bisa dipertanyakan dan diminta pertanggungjawaban oleh rakyatnya.

Saya pernah memperhatikan sidang terhadap salah seorang Presiden Amerika, sebuah negara yang besar dan pemimpinnya memiliki kekayaan dan kekuasaan terbesar. Saya melihat sang presiden yang gagah itu seolah terikat di sebuah besi, dibakar oleh hujanan kritikan pedas dari rakyatnya. Ia mencoba untuk membela diri, namun usahanya sama sekali sia-sia.

Namun sayang, kebebasan berpendapat, kritik dan berpolitik semacam ini hanya menjadi konsumsi negara Barat saja. Negara-negara lain tidak pernah berusaha untuk mengimpor praktik semacam ini agar mendapatkan manfaat darinya sebagaimana mereka mengimpor budaya dan teknologinya.

Cara pandang masyarakat negara maju terhadap pemerintah mereka saat ini adalah cara pandang yang serupa dengan cara pandang umat muslim terhadap pemerintah mereka pada masa kepemimpinan Khulafa Rasyidin. Yaitu saat sang khalifah berkata, "Jika saya berlaku benar maka bantulah, dan jika tidak maka luruskanlah!"

Syekh Muhammad al-Ghazali (1917-1996) Dalam buku "al-Haqq Murr"

via Suaral Al Azhar
« PREV
NEXT »

No comments