BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Thursday, January 16, 2014

Umat Islam Dibom Teroris Nigeria Saat Maulid Nabi


Muslimedianews, Maiduguri ~ Sebuah serangan bom mobil yang penuh bahan peledak terjadi di pasar kota Maiduguri, Nigeria. Sedikitnya 19 orang tewas dalam insiden itu. Teroris Boko Haram diduga sebagai dalang utama aksi bom mobil tersebut.

"Dari penghitungan terbaru yang kami miliki, jumlah korban jiwa mencapai 19 orang," kata Lawan Tanko, kepala kepolisian negara bagian Borno kepada kantor berita AFP, Rabu (15/1/2014).

Juru bicara militer Muhammad Dole mengungkapkan mobil tersebut meledak di dekat kantor pos di kota timur laut, di saat banyak warga sedang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut dia, ledakan juga menghancurkan 10 kendaraan dan lima becak bermotor.

Serangan bom ini terjadi setelah kelompok bersenjata teroris Boko Haram, menewaskan lima orang di pasar desa sekitar 22 kilometer dari Maiduguri pada Minggu, 12 Januari waktu setempat.

Maiduguri dianggap sebagai rumah spiritual kelompok radikal salafi wahabi Boko Haram, yang ingin menciptakan negara Islam di Nigeria Utara. 

Presiden Goodluck Jonathan telah berusaha untuk menghancurkan empat tahun pemberontakan teroris salafi wahabi Boko Haram dengan meningkatkan kampanye militer sejak Mei tahun lalu. Kekerasan sebagian besar terbatas pada daerah-daerah terpencil pedesaan dalam beberapa bulan terakhir. 

Kelompok Boko Haram merupakan kelompok teroris yang menganut paham salafi wahabi. Menurut salah seorang pengikut Boko Haram, Abu Qaqa, kelompoknya dilatih dan dibiayai oleh Arab Saudi. Dalam wawancara dengan Abu Qaqa dikatakan Saudi melatih dan membiayai organisasi tersebut. 

"Selama musim Haji [Umrah, Agustus lalu], pemimpin kami pergi ke Arab Saudi dan bertemu al-Qaida di sana. Kami menikmati dukungan finansial dan teknis dari mereka. Apa pun yang kita inginkan kita minta kepada mereka.", ungkap Abu Qaqa.

Surat kabar setempat, The Nigerian Tribune, melaporkan bahwa teroris salafi wahabi Boko Haram didukung penuh oleh Inggris dam Arab Saudi. Kelompok teroris ini mendapatkan dana dari Al-Muntada Trust Fund yang berkududukan di Inggris dan juga Islamic World Society yang berkantor pusat di Arab Saudi. Tujuannya adalah merubah Nigeria menjadi seperti Afghanistan.



Sumber: berbagai sumber
Redaktur: Ibnu Munir

« PREV
NEXT »

No comments