BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, May 23, 2014

Hukum Menyembelih Hewan menggunakan Mesin

Muslimedianews.com ~ Kecanggihan teknologi membuat cara penyembelihan/pemotongan hewan tidak lagi dilakukan dengan cara-cara menual, sebaliknya menggunakan mesin lebih mudah untuk memotong sekian banyak hewan. Hal ini pun menimbulkan tanda tanya baru bagaimana hukum menyikapinya.
 
Dalam Islam, alat pemotongan hewan berkaitan erat kriteria alat bagaimana cara pemotongannya tersebut. Apabila mesin dan cara memotongnya memenuhi syarat-syarat tertentu maka hukum memotongnya adalah sah. Adapun syarat-syarat untuk hal itu adalah (1) pemotongnya seorang muslim/ahlu kitab yang asli,  (2) alat mesin yang dipergunakan, merupakan benda tajam yang bukan dari tulang atau kuku, dan (3) sengaja menyembelih hewan tersebut. Oleh karena itu memotong hewan dengan mesin juga sah.

Hal ini sebagaimana keterangan dalam kitab-kitab karya ulama, misalnya  didalam kitab Bujairomi wahab, IV: 286 :

وشرط فى الذبح قصد اى قصد العين أو الجنس بالفعل (قوله قصد العين) وإن أخطأفى ظنه، أو الجنس فى الإصابة – ح ل – والمرد بقصد العين أو بالجنس بالفعل أى قصد إيقاع الفعل على العين أو على واحد من الجنس وإن لم يقصد الذبح.
"Syarat dalam memotong hewan: menyengaja terhadap hewannya atau jenisnya dengan perbuatan (kata-kata menyengaja pada hewan), meskipun keliru dalam persangkaannya atau jenisnya dalam kenyataannya ... artinya menyengaja ialah: sengaja terhadap hewan itu atau jenisnya walupun tidak sengaja menyembelih".

Didalam kitab Jamal Wahab V/241-242

وشرط في الآلة كونها محددة بفتح الدال المشددة أى ذات حدة تجرح كحديد أى كمحدد حديد وقصب وحجر ورصاص وذهب وفضة إلا عظما كسن وظفر لخبر الشيخين: ما أنهر الدم وذكر اسم الله عليه فكلوه ليس السنّ والظفر وألحق بهما باقي العظام
Syarat alat untuk menyembelih harus tajam yang bisa melukai seperti pisau besi, bambu, batu, timah, emas, perak, kecuali (tidak boleh) dengan tulang dan kuku. Dengan dasar hadits shohih bukhori dan muslim: sesuatu yang dapat mengalirkan darah dengan menyebut nama Allah maka makanlah selama bukan dengan tulang dan kuku. dan disamakan dengan keduanya semua jenis tulang.

يعلم من قوله الآتى أو كونها جارية سباع او طير الخ ... حيث أطلق فيه ولم يشترط أن تقتله بوجه مخصوص. فيسفاد من الإطلاق أنه يحل مقتولها بسائر أنواع القتل.
Telah diketahui dari kata-kata yang akan datang adanya alat memotong hewan, dapat melukainya binatang atau burung dst. Sekira dimutlakkan dan tidak disyaratkan, cara membunuh dengan cara yang khusus, maka dapat diambil pengertian halal apa yang di bunuh binatang dengan segala cara membunuh.

Red. Ibnu Manshur
Keputusan Bahtsul Masail Syuriyah NU Wilayah Jawa Timur di PP An-Nur Tegal Rejo Prambon Nganjuk, 26-27 Syawal 1401 H/26-27 Agustus 1981 M

« PREV
NEXT »

No comments