BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Saturday, May 31, 2014

Darul Ifta Mesir: Haram Membaca Al Quran dengan Iringan Musik dan Menyanyikannya

Muslimedianws.com ~ Darul Ifta Al Mishriyyah (Dewan Fatwa Mesir) mengecam penistaan terhadap al-Quran dengan membacanya dengan diiringi musik dan menyanyikannya. Hal itu dijelaskan sebagai penolakan terhadap apa yang dilakukan oleh sekelompok orang yang menyanyikan al-Quran diiringi dengan musik. 
Sesungguhnya al-Quran adalah kalam Allah Tuhan sekalian alam yang diturunkan kepada Rasul-Nya sebagai petunjuk umat manusia. Al-Quran bukan untuk canda tawa atau untuk dinyanyikan. Allah telah menyuruh umat Islam untuk memahami makna ayat-ayat al-Quran dan merenungi nasihat, adab dan hukum-hukum yang ada di dalamnya.

Dalam Fatwanya, Lembaga Fatwa Mesir itu juga menjelaskan bahwa mendengarkan al-Quran sebagai sebuah nyanyian akan menjadikannya sebagai bahan senda gurau dan canda tawa. Orang yang mendengarkannya dengan cara seperti itu telah melenceng dari al-Quran yang menjadi petunjuk bagi manusia, kepada menikmati alunan dan gurauan.

Selain itu, Darul Ifta juga menekankan bahwa al-Quran yang dinyanyikan dengan musik bukanlah al-Quran yang diturunkan oleh Allah kepada Rasul-Nya, yakni al-Quran yang kita dapat dari Rasulullah dan kita beribadah dengan membacanya.

Jika umat terdahulu merubah dan mengganti isi kitab-kitab Allah yang diturunkan sebagai petunjuk kepada mereka, maka jika kita memperbolehkan pembacaan al-Quran dengan nyanyian musik, kita sama saja berbuat seperti apa yang mereka lakukan. Dan hal itu adalah perbuatan menyia-nyiakan agama dan merusak umat Islam.

Sebagai dalil, Ibnu Juraij meriwayatkan dari Atha dari Ibnu Abbas, beliau berkata: bahwasanya dahulu Rasulullah mempunyai seorang muadzin yang adzan dengan berlagu, kemudian beliau bersabda: “Adzan itu mudah, gampang. Jika adzanmu itu mudah dan gampang, lakukanlah, jika tidak, jangan kau lakukan.” (HR. Daruquthni)

 Jika Rasulullah melarang hal itu di dalam adzan, maka dalam membaca al-Quran hal itu lebih dilarang lagi. Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

Dan juga dalam firman-Nya: “Tidak datang padanya kebatilan dari sebelum dan sesudahnya, diturunkan dari Dzat yang Maha Bijak dan Terpuji.”

Sumber: http://on.fb.me/1gIvbLN via Suara Al Azhar
Darul Ifta Mesir: Membaca Al-Quran dengan Diiringi Musik dan Menyanyikannya Haram Menurut Syara.
« PREV
NEXT »

No comments