BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, August 22, 2014

Ansor NU Kencong Latihan Perang Bersama TNI

Jember, Muslimedianews.com ~ Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong, Jember, Jawa Timur, membuktikan kebulatan tekadnya untut turut melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Komitmen ini mereka tunjukkan dengan menggelar latihan peran di pantai Nyamplung Kobong, Gumukmas, Jember, (19/8/2014). Tujuannya mempersiapkan fisik dan psikis untuk menghadapi berbagai ancaman terorisme di Tanah Air.

Peserta yang terdiri dari 150 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) tersebut dilatih tentang teknik dan taktik penanggulangan terorisme, termasuk dari gerakan ISIS (Islamic State of Iraq and Syiria) yang santer diberitakan belakangan ini.

“Ya, kita siap lahir batin jika ISIS memang ada di Indonesia. Tapi kami harus selalu berkoordinasi dengan aparat kemanan,” ucap Ketua PC GP Ansor Kencong Abd Rohim kepada NU Online di sela-sela latihan.

Menurut Rohim latihan perang tersebut ditempatkan di pantai karena menyerupai kondisi di Iraq dan Suriah yang terdiri dari banyak gurun sahara. Sedangkan pelatihnya didatangkan langsung dari Kodim 0824 Jember yang lama bertugas  di Lebanon, yaitu I Made Kari.

Para peserta dilatih cara menghadapi musuh, strategi bertahan dari serangan musuh dan sebagainya. Selain itu, peserta juga dibekali cara menyusup.  “Penyusupan ini penting, karena gerakan ISIS itu di Indonesia kan sembunyi-sembunyi. Jadi kami sudah punya bekal,” lanjutnya.

Ke-150 anggota Banser yang dilatih merupakan kader terpilih dari lima puluh ranting yang ada di PC GP Ansor Kencong. “Seratus lima puluh orang ini adalah kader pilihan yang sudah sering dikirim di daerah rawan keamanan dan bencana, seperti Aceh, bahkan ada seorang kader Banser yang pernah ikut berlatih di Libanon,” kata Kepala Staf Banser Kencong Miskad Widodo di lokasi acara.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama dua hari bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke 69. “Kegiatan ini sekaligus memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke-69,” kata Yasin Yusuf, Sekretaris Cabang Pimpinan Ansor Kencong.

Para peserta latihan tampak bersemangat mengikuti latihan perang tersebut. Meski diterpa terik matahari, namun mereka tetap antusias mengikuti setiap materi latihan. Sementara I Made Kari mengaku bangga dengan semangat elemen masyarakat, termasuk Ansor dalam menyikapi keberadaan ISIS. “ISIS tidak cocok dengan falsafah bangsa Indonesia, karena itu harus kita lawan bersama,” tegasnya. (Aryudi A Razaq/Yasin/Mahbib)

Sumber nu.or.id
« PREV
NEXT »

No comments