BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Thursday, October 16, 2014

Pagar Nusa: Apa Malaysia Kekurangan Cendikiawan, Contohlah Forum Kyai Muda Jatim

Jakarta, Muslimedianews.com ~ Nahdlatul Ulama (NU) merespons kasus pencekalan terhadap kader mudanya, Ulil Abshar Abdalla, yang dilakukan oleh pemerintah Malaysia. Adalah Pimpinan Pusat Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa, badan otonom di lingkungan NU yang berkonsentrasi pada seni bela diri dan kepemudaan, yang menyampaikan protes tersebut.

“Kami memiliki kewajiban menyampaikan protes (atas pencekalan) ini, karena kami dan Ulil sama-sama Warga Negara Indonesia, khususnya sama-sama kader NU,” ungkap Sekretaris Umum PP PSNU Pagar Nusa, Muhammad Nabil Haroen di Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Nabil menjelaskan, pencekalan terhadap Ulil adalah gambaran sikap kolot yang ditunjukkan Malaysia dalam menghadapi perbedaan pemikiran. “Apakah Malaysia kekurangan cendekiawan untuk melawan pemikiran Ulil? Pencekalan semacam ini seharusnya tidak sampai dilakukan, karena perbedaan pemikiran harusnya dihadapi dengan pemikiran juga,” jelasnya.

Dalam keterangannya Nabil mencontohkan adanya kegiatan diskusi terbuka yang diadakan Forum Kiai Muda di Jawa Timur, dalam menghadapi pemikiran-pemikiran KH Said Aqil Siroj dan Ulil Abshar Abdalla beberapa tahun silam, saat pemikiran keduanya dianggap melenceng.

Apa yang dilakukan Forum Kiai Muda di Jawa Timur itu seharusnya menjadi contoh, tidak hanya untuk Malaysia, tapi juga kita semua dalam menghadapi sebuah perbedaan pendapat atau pemikiran,” tandas Nabil seraya menyebut jika Ulil adalah sosok yang aktif di berbagai platform media sosial dengan pengikut yang tidak sedikit.

Ulil Abshar Abdalla dicekal oleh pemerintah Malaysia setelah persatuan ulama setempat menyampaikan protes atas rencana kehadirannya dalam forum Religious Fundamentalism Threat in This Century pada Sabtu (18/10/2014) di Kuala Lumpur, Malaysia. Alasan pencekalan adalah kekhawatiran pemikiran Ulil dapat menggoyahkan iman warga negara Malaysia. 
 
Menghadapi pencekalan tersebut, Ulil menyebut otoritas Malaysia mendapatkan informasi yang salah tentang dirinya.

Sumber Okezone
« PREV
NEXT »

3 comments

  1. "Karena dia (Ulil) sejarahnya aneh-aneh, ya nggak salah yang nyekal," kata KH Hasyim Muzadi

    ReplyDelete
  2. goblok nih artikel , udah jelas si Ulil bejat ini kelakuannya aneh aneh malah di dukung saraf loeh

    ReplyDelete
  3. orang kolot teriak kolot... Masih mending ulama malaysia ketimbang ulama NU kebanyakan udah jadi kafir liberal.. Tuh liat anak gus dur lebih percaya UU Konstitusi daripada al-qur'an

    ReplyDelete