BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Saturday, May 24, 2014

Berapa Jarak melaksanakan Shalat Ghaib

Muslimedianews.com ~ Shalat Ghaib adalah shalat yang diperuntukkan untuk jenazah (shalat untuk mayyit). Ghaib artinya tidak ada. Shalat jenazah adakalanya dilakukan seseorang ketika jasad si mayit sudah dimakamkan, atau shalat yang dilakukan dari jarak yang jauh dari si mayit.

Jarak yang dimaksud bila mayyit berada di kota lain meskipun jaraknya dekat, kira-kira seperti jarak yang membolehkan qashar shalat. Adapun bila masih dalam satu kot, maka tidak boleh shalat ghaib, meskipun jaraknya jauh. 

Ketengan ini didapat dalam Kitab Anwarul Masalik, Syeikh Muhammad Zuhri Al Ghamrawi, Maktabah Al Hidayah, Surabaya, t.t., hal. 98, sebagai berikut :

وَيَجُوزُ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى الغَائِبِ عَنْ بَلَدٍ وَإِنْ قَرُبَتْ مَسَفَاتُهُ بِأَنْ كَانَ دُونَ مَسَافَةِ القَصْرِ وَلاَ يَجُوزُ عَلَى الغَائِبِ فِى البَلَدِ وَإِنِ اتَّسَعَتْ أَرْجَاؤُهُ "Dan boleh disholati ghoib, mayit yang tidak ada dalam kota meskipun jarak-nya dekat, yaitu kurang dari jarak yang membolehkan sholat qashar. Dan tidak boleh disholati ghoib mayit yang berada dalam kota meskipun kota itu luas wilayahnya".


red. Ibnu Manshur
foto : ilustrasi

« PREV
NEXT »

No comments