BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, August 15, 2014

Begini Cara Hizbut Tahrir Melakukan Kudeta

Muslimedianews.com ~ "Anti Kekerasan" adalah slogan yang selalu disampaikan oleh Hizbut Tahrir (HT). HT memiliki 3 tahapan dalam dakwahnya, yaitu pengkaderan dan pembinaan, berinteraksi dengan masyarakat, dan penerimaan kekuasaan. Memang tidak ada kata "kudeta (pengambil alihan kekuasaan)" dalam tahapan dakwah HT.

Lalu bagaimana HT melakukan kudeta sedangkan melakukan kudeta membutuhkan kekuatan?

Perlu diketahui bahwa menurut HTI, Ahlul Quwwah adalah kunci kemenangan. Ahlul Quwwah yang dimaksud adalah para pemilik kekuatan baik dari kalangan penguasa maupun militer.

Oleh karena itu, HT cukup intens melakukan kontak pada tokoh ulama, intelektual, kepolisian, politisi dan sebagainya yang dianggap sebagai simpul-simpul umat, khususnya pada kalangan militer.

Sebab bila mereka berhasil membuat kalangan militer loyal pada mereka atau setidaknya terpengaruh dengan propaganda mereka maka militer menjadi kekuatan yang bisa digunakan untuk melakukan kudeta.

Strategi pendekatan HT untuk mengompori kalangan militer cukup unik, dimana beberapa syabab HT (tim khusus) akan melakukan kontak dan mendorong kalangan militer melakukan kudeta. Tetapi bila kudeta ternyata gagal dan kebanyakan aksi HT memang selalu gagal, maka "tim" tersebut tidak diakui sebagai anggota Hizbut Tahrir. Hal ini sebagai bentuk cuci tangan agar tidak dianggap terlibat dalam kudeta, sekaligus sebagai konsekuensi tersendiri.

Dalam sejarahnya Hizbut Tahrir juga pernah terlibat kudeta di negara-negara timur tengah. HT tidak akan terang-terangan mengakuinya meskipun sebenarnya sudah bukan rahasia lagi bagi syabab HT.

Hizbut Tahrir pernah melakukan penyusupan ketubuh Militer Yordania, tetapi gagal dan anggota Hizbut Tahrir diajukan ke pengadilan dan dihukum mati. Hal yang sama juga pernah dilakukan di Irak, Mesir, Tunisia, dan beberapa negara lain sekitar tahun 70-an yang ditengarai melibatkan aktifis Hizb ut Tahrir.

Baca : Penyebaran Hizbut Tahrir di Indonesia

Informasi mengenai upaya kudeta HT juga pernah dimuat dalam Nasyrah Hizbut Tahrir [1]

"Hizbut Tahrir telah melancarkan beberapa upaya pengambil alihan kekuasaan di banyak negeri-negeri arab, seperti Yordania pada tahun 1969, di Mesir tahun 1973, dan Iraq tahun 1972. Juga di Tunisia, Aljazair, dan Sudan. Sebagian upaya kudeta ini diumumkan secara resmi oleh media massa, sedangkan sebagian lainnya memang sengaja tidak diumumkan ”. (Sumber Nasyrah Hizbut Tahrir, diterjemahkan dari kitab Mafhum al Adalah al Ijtima’iyah, Beirut, cetakan II, 1991, halaman 140-151, dan hal. 266-267) .

Oleh : Ibnu Manshur
Informasi dari syabab HT saat ikut kajian intensif bersama mereka
, dll

[1] http://warkopmbahlalar.com/7208/meluruskan-metode-dawah-hizbut-tahrir/

« PREV
NEXT »

1 comment