BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, August 12, 2014

Ponpes Sidogiri Sebar 571 Guru Tugas dan 80 Da'i Muda

Muslimedianews.com, Pasuruan ~ Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur sebar sekitar 571 Guru Tugas (GT) dan 80 lebih Da'i ke berbagai daerah. Pemberangkatan Guru Tugas dan Da'i dilaksanakan pada Minggu (10/8/2014).

Hari Minggu itu menjadi momen istimewa bagi Ponpes Sidogiri karena selain pemberangkatan Guru Tugas dan Dai, juga kembalinya para santri setelah libur Ramadan dan Idul Fitri.

Kegiatan belajar mengajar di Madrasiyah dan Makhadiyah, serta seluruh kegiatan administrasi di kantor Sekretariat, kantor madrasah, dan perkantoran instansi lainnya berjalan seperti biasa sejak Senin (11/8/2014)

Pemberangkatan Guru Tugas dan Da'i
Sidogiri mengirim sekitar 571 Guru Tugas untk mengajar di lembaga-lembaga madrasah yang membutuhkan tenaga pengajar.  Selain itu, ada sekitar 80 lebih dai muda disebar di beberapa kawasan di Jawa Timur, khususnya kawasan muslim minoritas dan kawasan yang belum begitu mengenal Islam

Pengiriman Guru Tugas (GT) mulai dilakukan sejak tahun 1961. Program itu digagas oleh KH Cholil Nawawie dan KA. Sadoellah Nawawie.

Tugas mengajar diwajibkan bagi santri yang sudah lulus Madrasah tingkat Tsanawiyah dan dianjurkan bagi santri lulusan Aliyah.

Ada tiga tujuan utama dari pengiriman GT: 1. Maslahah untuk madrasah yang menerima GT 2. Maslahah bagi GT sendiri 3. Maslahah bagi Sidogiri

Untuk mengoptimalkan tujuan tersebut, Ponpes Sidogiri terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas GT dgn memberi peltihan Dedaktik Metodik dan pembekalan. Bembekalan GT meliputi fikih kemasyarakatan, leadership, dasar administrasi dan psikologi anak yang dilaksanakan saat bulan Ramadan.

Pada awalnya GT hanya puluhan orang yang dikirim ke madrasah dan pesantren sekitar Pasuruan dan Madura. Dan ternyata antusias masyarakat cukup baik. Terbukti dari tahun ke tahun pemintaan terus meningkat. Permintaan GT baru yang masuk ke pengurus sering melebihi persediaan guru yang ada.

Kini, penyebaran GT Sidogiri sudah meluas ke penjuru negeri, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Kalimantan, Bali dan sebagainya.

Semoga pengiriman GT ini jadi bagian dalam mengenalkan dan menjaga Islam Ahlussunnah wal jamaah di tengah-tengah masyarakat.   
 
(Ibnu L' Rabass, @Sidogiri)
« PREV
NEXT »

No comments