BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, August 12, 2014

NU Akui Eksistensi Agama Apapun termasuk Agama Baha'i

Muslimedianews.com, Jakarta ~ Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (NU), Slamet Effendi Yusuf, menyatakan NU secara prinsipil mengakui eksistensi agama apapun, termasuk Baha'i. Apalagi jika pemerintah sudah mengakui eksistensi agama itu.

"Pada prinsipnya NU mengakui agama apapun. Pengakuan ini merupakan konsekuensi sikap NU yang berdasarkan toleransi (tasamuh) terhadap adanya perbedaan keyakinan agama," tutur Slamet saat dihubungi Republika, Selasa (12/8/2014) sore.

Slamet menambahkan PBNU berpedoman pada ayat Al-Qur'an: "Lakum dinukum waliyaddin" yang artinya: "Bagi kalian agama kalian dan bagiku agamaku". Ayat ini, lanjutnya, menunjukkan prinsip Islam tentang eksistensi kehidupan keagamaan yang sejak awal dianut oleh Nabi Muhammad SAW atas dasar wahyu Allah SWT.

Dari sudut konstitusi, paparnya, negara tidak bisa menilai apakah suatu agama memenuhi syarat atau tidak. Umat Islam saja tidak mau dinilai doktrin kebenaran agamanya oleh penganut agama lain, apalagi oleh negara.

"Negara juga harus memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) terhadap semua penduduk di Indonesia, apa pun agama atau aliran kepercayaan yang dianutnya," ungkapnya.

Sumber Republika
« PREV
NEXT »

No comments